Home » » Bagaimana cara membuat file komputer?

Bagaimana cara membuat file komputer?

File merupakan data yang ada pada komputer. Setiap data yang ada pada komputer dapat dikategorikan sebagai file. File tidak hanya terbatas pada data-data tertentu saja. Setiap data baik itu data gambar, data angka, data kata, data video, data suara, data aplikasi, dan data-data lainnya merupakan sebuah file.


Untuk mempermudah penggunaan komputer, biasanya file akan dikelompokkan berdasarkan jenis ekstensi file tersebut. File-file yang memiliki ekstensi yang sama akan digabung di dalam sebuah folder sehingga ketika pengguna komputer ingin mencari sebuah file, penggunanya tinggal mencarinya di folder yang sesuai saja. Dengan cara ini pengguna komputer dapat mencari file yang dibutuhkan dengan lebih mudah dan cepat.

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian file dan juga jenis-jenis file pada komputer yang dapat kami bagikan untuk Anda. Perlu Anda ketahui, beberapa jenis file yang terdiri dari data yang sama biasanya dapat diubah ekstensi filenya. Misalnya sesama file video, file video berformat ekstensi mp4 dapat diubah menjadi file video berformat 3gp. Pengubahan format ini biasanya dilakukan untuk mempermudah pengguna komputer dalam pengelolaan file. Beberapa jenis ektensi file komputer terkadang tidak dapat dibuka di ponsel, dan dengan mengubah jenis file ekstensinya, file tersebut menjadi bisa dibuka dan ditampilkan di ponsel.


 

Bagaimana cara membuat file komputer? Ini semua tergantung pada jenis file yang ingin Anda buat. Dokumen ini akan menjelaskan bagaimana cara untuk membuat beberapa jenis yang lebih umum dari file di komputer.

  1. Cara membuat file teks.
  2. Cara membuat gambar atau file gambar.
  3. Cara membuat XLS atau berkas spreadsheet.
  4. Cara membuat prosesor Word atau file DOC.
  5. Cara membuat file audio.
  6. Cara membuat file batch.
  7. Cara membuat file dalam MS-DOS atau baris perintah Windows
  8. Cara membuat file di Linux dan Unix.
  9. Cara membuat file terkompresi atau file ZIP.
  • Cara membuat file teks
Buka editor teks seperti Notepad atau WordPad untuk membuat dokumen teks yang ingin Anda buat dan kemudian menyimpan file sebagai file teks baru. atau Dari dalam Windows klik kanan di area yang ingin Anda buat file. Sebagai contoh, klik kanan pada Desktop untuk membuat file teks baru pada Desktop. Dari menu drop-down yang muncul dan kemudian pilih New Text Document.
  • Cara membuat gambar atau file gambar
Untuk membuat gambar atau gambar Anda harus menggunakan program editor gambar.
  • Cara membuat XLS atau spreadsheet berkas
Untuk membuat spreadsheet membutuhkan program spreadsheet seperti Microsoft Excel atau salah satu dari banyak program spreadsheet gratis.
  • Cara membuat Word processor atau DOC berkas
Untuk membuat DOC atau file Word processor membutuhkan prosesor kata seperti Microsoft Word atau salah satu dari banyak program pengolah kata gratis.
  • Cara membuat file audio
Untuk membuat file audio baru kami menyarankan program Audacity gratis.

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang budiman Admin tidak selalu Online jadi dalam berkomentar di mohon gunakanlah kata-kata yang baik dan tidak SPAM , dalam berkomentar juga di mohon untuk menyesuaikan dengan isi postingan yang di baca terimakasih atas partisipasinya.