Home » » Cara memperbaiki antena parabola yang rusak/sinyal lemah

Cara memperbaiki antena parabola yang rusak/sinyal lemah

Parabola berfungsi sebagai antena pelacak chanel siaran yang di pancarkan oleh satelit, antena parabola berbentuk bulat simetris dan cekung ke dalam, proses kinerja parabola adalah  melacak dan mengumpulkan signal chanel pada titik fokusnya  yang telah di pancarkan satelite dan kemudian di tangkap oleh LNB kemudian di salurkan kedalam receiver kemudian dari receiver disiarkan ke televisi,

kendala sering sekali terjadi pada kerusakan parabola, karena parabola terletak pada alam terbuka terkena panas dan hujan jadi wajar jika cepat terjadi kerusakan, kerusakan yang paling sering terjadi adalah karat dan juga lumut hal tersebut sangat mempengaruhi kualitas signal chanel televisi, karena parabola tidak dapat mengumpulkan sinyal secara maksimal, dan jika di biarkan terus menerus maka akan sangat berakibat fatal yang menyebabkan parabola tidak mampu sama sekani mengumpulkan sinyal pada titik fokusnya.


untuk itu pada kesempatan kali ini admin membahas  Cara memperbaiki antena parabola yang rusak/sinyal lemah, sebelum kita membhas topik intinya mari kita perhatikan ciri-ciri kerusakan antena parabola 


ciri-ciri fisik kerusakan pada antena parabola antara lain
  • lemah dalam menagkap signal chanel tidak seperti saat baru
  • tidak dapat sama sekali menangkap signal siaran
  • berkarat, berlumut peot ( tidak simetris bulat)
  • tidak bisa sejajar dan padu dalam menangkap chanel siaran antara sinnyal palapa dan telkom.
  • kawat kasa sayap parabola berlubang (bagi pengguna parabola jaring)
jika ciri-ciri diatas tersebut telah ada pada parabola anda maka parabola anda minta di service lagi. agar parabola bisa bekerja 90% bahkan maksimal. bagaimana cara memperbaiki antena para bola yang rusak maka anda dapat menyimaknya
  1. jika anda pengguna antena parabola jaring maka anda perhatikan fisik para bola berkarat/ lumut, atau juga jaringnya ada yang berlubang atau ada yang lepas dari tulang sekundernya untuk mengatasi masalah ini maka cucilah dan sikatlah jaring parabola tersebut, sampai bersih darikarat dan lumut, yang perlu anda pehatikan adalah bagian kawat jaring jika tidak terhubung denga tulang rangka skunder maka akan sangat berpengaruh pada penagkapan kualitas signal jadi sambungkan kembali antena parabola yang rusak tersebut dengan menggunakan kawat jaring, kawat jaring juga bisa di dapat dari toko parabola terdekat anda.
  2. jika anda pengguna para bola yang berjenis plat almunium maka,biasanya sering terjadi karat dan lumut, maka cara mengatasinya juga bisa gunakan cara pertama bersihkan karat dan almunium dengan cara mencuci dan mensikatnya sampai bersih, dan jika kerusakan karat sampai menyebakan para bola hitam, maka catlah piringan antena parabola tersebut dengan warna yang cerah bisa putih atau silver dan pasang kembali niscaya 90% siaran akan di tangkap kembali.

    baca juga : Tracking parabola cara mencari siaran TV channel luar negeri palapa & Telkom.
  3. kerusakan terakhir ini biasa yang  sering tidak di perhatikan bagi kita semua, yaitu tidak simetrisnya antena tersebut misalnya antena tersebut sudah tidak bundar lagi, cekungan parabola ada yang benjol, antara samping cekungan kanan dan kiri tidak sejajar, hal ini akan sangat mempengaruhi siaran chanel parabola tersebut,  contoh tidak simetrisnya parabola maka akan membuat signal palapa dan telkom tidak bisa padu, sehingga ada siaran yang tidak bisa terlacak oleh antena. bagaiman solusi untuk memperbaikinya lepaskan piringan paraola dan kemudian toki pelan-pelan hingga cekunga tersebut  tidak benjol dan sejajar, jika piringan parabola yang tidak simetris bundar sama juga longgarkan baut yang ada pada parabola kemudian gerakna pelan-pelan diameter lingkarnaya sampai simetris dan bulat kembali.

    dalam pemasanga para bola ketika parabola anda tidak simetris bulat akan setengah mati untuk lacak siaran yang signalnya susah. untuk itu anda harus mengganjal dengan kayu antena paraola tersebut samapai parabola menangkap chanel siaran.
sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua dan jangan lupa dishare ya jika merasa article ini berguna bagi orang banyak.

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang budiman Admin tidak selalu Online jadi dalam berkomentar di mohon gunakanlah kata-kata yang baik dan tidak SPAM , dalam berkomentar juga di mohon untuk menyesuaikan dengan isi postingan yang di baca terimakasih atas partisipasinya.