Home » » mengatasi touchpad mouse laptop tidak bekerja

mengatasi touchpad mouse laptop tidak bekerja

Touchpad merupakan perangkat lunak yang menggantikan mouse sebagai pengarah atau pengontrol dari pointer yang biasanya itu dikontrol oleh mouse. Touchpad merupakan hardware yang memiliki bentuk permukaan  yang khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dari posisi jari ke penggunaan yang ada di layar monitor. Touchpad merupakan fitur umum sebagai pengganti mouse dan ini memiliki fitur atau fungsi seperti layar smartphone yang berfungsi atau dapat di gerakan melalui penyentuhan jari dan kemudian akan perintah dari jari tadi akan di kirim ke dalam prosedur kerja computer.

Touchpad ini memberikan bantuan yang khusus bagi pengguna yang selalu megerjakan aktivitasnya dengan mengandalkan mouse  secara berlebihann. Touchpad ini memiliki bentuk yang berfariasi dan jarang di buat lebih dari ukuran 40×40 cm. Tujuan diciptakannya touchpad ini untuk memudahkan dan menyamankan pemakain mouse, yang dulunya cara pemakaian mouse yang relative cukup sulit dengan cara memerlukan tempat yang luas serta memerlukan alas yang datar dan baik. Dengan terciptanya touchpad ini user atau pengguna computer dapat menggunakan laptop atau kkomputernya di tempat yang sempit sekalipun. wao keren gas tujuan dan devinisi touch pad sekarang jika toucpad mouse ada gangguan dirumah coba lakukan trik ini untuk mengatasinya :


periksa Perangkat USB lainnya
Beberapa USB dan PS / 2 perangkat, terutama perangkat input USB (termasuk mouse komputer) dapat menonaktifkan touchpad. cara mengatasi masalah ini matikan PC, lepaskan semua perangkat USB, dan kemudian hidupkan komputer lagi untuk memastikan tidak ada perangkat lain yang menonaktifkan touchpad. Jika perbaikan ini terulang,ketika touchpad nonaktif setiap kali Anda menghubungkan perangkat periksa pengaturan software touchpad Anda mungkin ada pengaturan yang dapat mencegah hal ini terjadi. Periksa 

pengaturan mouse
Pertama, di Windows Control Panel, akses pengaturan mouse dan touchpad aktifkan verivikasi. Juga, Anda dapat menyesuaikan sensitivitas touchpad untuk bekerja yang terbaik untuk jari-jari Anda. Periksa pengaturan ini untuk memastikan ada sesuatu yang tidak cacat atau disesuaikan menyebabkan touchpad untuk tidak bekerja. 

Periksa Device Manager
buka Device Manager dan periksa melalui daftar perangkat dan menemukan touchpad. Periksa untuk melihat bahwa pengaturan diaktifkan. Jika dinonaktifkan, aktifkan kembali dan test touchpad. Jika sudah diaktifkan, ubahlah ke dinonaktifkan, kemudian aktifkan kembali lagi. Kadang-kadang Toggling pengaturan ini dapat memulai touchpad menjadi bekerja kembali.

Jika ada tanda seru kuning, merah X atau "Perangkat lain" di Device Manager, salah satu dari kesalahan ini dapat mengindikasikan ada masalah dengan perangkat keras di komputer Anda yang mungkin menyebabkan masalah touchpad. 

Periksa CMOS (BIOS)
periksa touchpad mungkin belum dinonaktifkan dalam CMOS (BIOS) setup. Dalam setup memeriksa pengaturan perangkat keras dan melihat apakah touchpad diaktifkan atau dinonaktifkan. Jika dinonaktifkan, aktifkan kembali lalu, restart laptop, dan tes touchpad.
Masalah driver Software
Jika pilihan di atas tidak mengatasi masalah, driver perangkat lunak untuk touchpad mungkin telah rusak atau minta update untuk bekerja dengan benar. Kunjungi situs web produsen laptop dan men-download driver touchpad terbaru untuk model laptop tertentu. Menginstal driver, restart laptop, dan menguji touchpad untuk melihat apakah bekerja.
hardware rusak
Terakhir, jika touchpad masih tidak bekerja dengan benar atau sama sekali, Anda mungkin perlu bawa ke bengkel komputer dan menservisnya. Ini bisa memerlukan penggantian touchpad itu sendiri atau komponen lain dalam laptop. Jika Anda tidak dapat memperbaiki touchpad mouse eksternal terhubung ke laptop sebagai solusi.
gimana sobat komputer informatika sangat mudah kan untuk dipraktekan dan selamat mencoba ya semoga menambah ilmu dalam berkreasi komputer  terimakasih telah berkunjung dan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua jangan lupa ya berbagi dengan cara klik tombol share dibawah ini, karena partisipasi anda dalam membagi share sangat membantu kami, dan kami ucapkan banyak terimakasih telah berkunjung di blog yang sederhana ini.

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang budiman Admin tidak selalu Online jadi dalam berkomentar di mohon gunakanlah kata-kata yang baik dan tidak SPAM , dalam berkomentar juga di mohon untuk menyesuaikan dengan isi postingan yang di baca terimakasih atas partisipasinya.