Home » » Tips Keamanan untuk Anak-anak dan Remaja dalam bermain internet/jaringan-sosial

Tips Keamanan untuk Anak-anak dan Remaja dalam bermain internet/jaringan-sosial

maraknya kejahatan di internet sering terjadi terutama pada anak-anakdan kaum wanita remaja khusunya, baik dari mulai dari hal yang kecil -sampai kehal-hal yang berintelek kejahatan penipuan, pemerkosaan, bahkan sampai pembunuhan untuk itu bagi para pengunjung sekalian simak tips kecil dibawah ini agar anda terhindar dari hal-hal tersebut diatas.

hal-hal yang harus dilakukan dam browsing jaringan sosial diinternet khususnya :
  • Informasi Pribadi. Jangan memberikan informasi pribadi tanpa izin orang tua Anda. Ini berarti Anda tidak harus berbagi nama belakang, alamat rumah, nama sekolah, atau nomor telepon. Ingat, hanya karena seseorang meminta informasi tentang Anda tidak berarti Anda harus memberitahu mereka apa-apa tentang diri Anda! 
  • Nama layar profil. Ketika membuat nama layar Anda, jangan menyertakan informasi pribadi seperti nama belakang Anda atau tanggal lahir.  
  • Password. Jangan berbagi password Anda dengan siapa pun kecuali orang tua Anda. Bila Anda menggunakan komputer umum pastikan Anda logout dari akun Anda telah diakses sebelum meninggalkan terminal.  
  • Foto. Jangan posting foto atau video secara online tanpa izin orang tua Anda.  
  • Teman online. Jangan setuju untuk bertemu dengan seorang teman online kecuali Anda memiliki izin orang tua Anda. Sayangnya, kadang-kadang orang berpura-pura menjadi orang yang mereka tidak. Ingat bahwa tidak semua yang anda baca online adalah benar. 
  • Iklan Online. Jangan membeli sesuatu secara online tanpa berbicara dengan orang tua Anda terlebih dahulu. Beberapa iklan mungkin mencoba untuk menipu Anda dengan menawarkan hal-hal gratis atau memberitahu Anda bahwa Anda telah memenangkan sesuatu sebagai cara untuk mengumpulkan informasi pribadi Anda.  
  • Downloading. Berbicara dengan orang tua Anda sebelum Anda membuka lampiran email atau download perangkat lunak. Lampiran terkadang mengandung virus. Jangan membuka lampiran dari seseorang yang Anda tidak tahu.       
  • Bullying. Jangan mengirim atau menanggapi berarti atau pesan menghina. Beritahu orang tua Anda jika Anda menerima satu. Jika terjadi sesuatu secara online yang membuat Anda merasa tidak nyaman, berbicara dengan orang tua Anda atau guru di sekolah.  
  • Jaringan Sosial. Banyak situs-situs jaringan sosial (misalnya, Facebook, Twitter, MySpace dan Second Life) dan website blog hosting memiliki persyaratan usia minimum untuk mendaftar. Persyaratan ini ada untuk melindungi Anda!
Penelitian. Berbicara dengan pustakawan Anda, guru atau orang tua tentang website yang aman dan akurat untuk penelitian. Perpustakaan umum menawarkan banyak sumber daya. Jika Anda menggunakan informasi online dalam proyek sekolah pastikan Anda menjelaskan di mana Anda mendapat informasi.

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang budiman Admin tidak selalu Online jadi dalam berkomentar di mohon gunakanlah kata-kata yang baik dan tidak SPAM , dalam berkomentar juga di mohon untuk menyesuaikan dengan isi postingan yang di baca terimakasih atas partisipasinya.