Home » » cara cek komponen alat parabola yang lemah/rusak

cara cek komponen alat parabola yang lemah/rusak

khusus buat yang suka otak atik para bola, atau yang ingin meningkatkan kualitas signal siaran yang di pancarkan parabola, belakangan ini sering sekali siaran-siaran lokal televisi selain berpindah chanel juga mengalami kelemahan sinyal di parabola, pada kesempatan kali ini admin akan membahas postingan cara cek komponen alat parabola yang lemah/rusak dan pada kesempatan sebelumnya admin juga telah membahas seputaran trik para bola yang berjudul Mudahnya tracking siaran parabola lokal palapa dan telkom jangan lupa di baca ya.

komponen parabola merupakan alat-alat /perangkat yang digunakan untuk mendukung proses penangkapan siaran yang di pancarkan satelite, parabola tidak akan berfungsi tampa adanya alat-alat komponennya, alat-komponen tersebut adalah sebagai berikut
  • dsik parabola
  • kabel sinyal
  • switch diseqc penghubung kabel
  • receiver
  • LNB
masalah kerusakan sering sekali terjadi, karena namanya alat jika bekerja terus semakin lama pasti semakin melemah dan kosekuensinya adalah rusak, jika komponen alat-alat yang tersebut datas salah satunya rusak saja maka akan mengakibatkan fatal yaitu siaran parabola tidak dapat berfungsi lagi. untuk itu bagi anda yang mempunyai parabola di rumah sebelum anda melakuka tracking siaran pastikan alat-alat diatas tidak rusak ya,

kebiasaan yang sering dilakukan oleh pemula adalah jika chanel siaran parabola dirumah ada yang gangguan atau lemah mereka hanya melakukan tracking parabola tampa memperhatikan componen componenya ada yang lemah atau tidak. sehingga proses tracking menjadi susah dan bahkan malah merusak chanel siaran-chanel siaran yang lainya, karena terlalu banyak tracking parabola. untuk itu untuk mengetahui cara cek komponen alat parabola yang lemah/rusak adalah sebagai berikut kita akan bahas satu persatu.

  • Disk Para bola

disk parabola adalah lingkaran payung  parabola ada yang jaring-jaring jaring dan ada yang berbentuk plat almunium / sejenisnya, disk parabola bermacam-macam ukuran fariasi ada yang kecil hingga besar ukuran disk menentukan juga penangkapan signal semakin besar ukuran disk para ola maka akan semakin bagus penangkapan chanel siaran.  kerusakan pada bagian disk ini bisa di sebabkan benturan, ataupun karat  dan lumut. karena memang posisinya terbuka di alam bebas setiap hari, kerusakan ringan pada bagian disk parabola akan berdampak buruk yaitu menyebabkan penangkapan signal siaran lemah, menyebakan salah satu siaran ada yang tidak bisa di tangkap contoh Global TV, menyebakan antara Palapa dan Telkom tidak searah sekalipun kita sudah menyetingdengan benar. kerusakan yang parah pada disk parabola menyebabkan tidak bisa menangkap chanel siaran sama sekali.
  • Kabel Sinyal Chanel
kabel sinyal merupakan kabel yang menghubungkan sinyal antara receiver dengan LNB kerusakan ini jarang sekali terjadi tetapi tidak bisa di pungkiri kerusakan ini juga bisa terjadi ciri-ciri kerusakan ringan pada komponen kabel parabola chanel siaran yang di tankap receiver akan menurun bahkan ada beberapa chanel siaran akan susah tertangkap akibat kerusakan ini. untuk mengetes kerusakan kabel ini belilah kabel sinyal pendek dan bandingkan kualitas signalnya,biasanya kabel signal yang masih bagus akan mampu menangkap  chanel signal hingga 70 %. sedangkan yang telah lemah bervariasi sampai 25 % saja. penangkapan chanel siarannya. dan kerusakan berat receiver tidak mampu menagkap signal sama sekali.

Baca Juga : cara memperbaiki sinyal global tv yang lemah dan sering hilang
  •  switch Penghubung kabel

switch penghubung kabel berfungsi untuk menghubngkan serta menampung antara signal LNB palapa dan LNB telkom di jadikan satu kemudia chanel siarannya di lanjutkan ke reciver  melalui kabel sinyal. switch ini juga sangat rentan terjadi kerusakan ciri-ciri melemahnya switch penangkan chanel siaran akan menurun dan bahkan akan sangat sulit menagkap siaran yang sulit di tangkap, oleh parabola normal tampa gangguan, untuk mengetahui switch ini masih bagus atau rusak anda bisa mencobanya dengan cara klik info pada siaran chanel contoh indosiar terus gerakan parabola bila kualitas signal naik turun maka bisa dikatakan switch masih belum rusak, tetapi jika kualitas signal tidak goyang naik turun sama sekali bisa diartikan switch untuk LNB palapa  rusak semua total, dan switch juga memiliki ciri-ciri kerusakan jika switch LNB satu yang rusak maka seluruh siaran LNB 1 tidak ada signal, begitupun dengan LNB 2 switchnya rusak maka seluruh siaran dari LNB 2 tidak dapat signal, tetapi pada kebanyakan kasus di parabola switch rusak hanya untuk satu LNB. misalnya telkom
  • Reciver

receiver berfungsi untuk menangkap chanel siaran dari parabola selain itu juga receiver berfungsi untuk menghubungkan siaran ketelevisi dan penampung program chanel. jarang sekali terjadi kerusakan total pada receiver kecuali konsleting arus listrik jenis receiver juga ada yang MPEG 2 dan ada Yang MPEG 4,dan reciver HD. kebanyakan kerusakn yang terjadi pada receiver adalah melemahnya penangkapan sinyal dari parabola. dan itu terjadi di receiver yang telah lama untuk mengetahui receiver kita lemah atau tidak dalam menangkap sinyal parabola ganti receiver / injamkan receiver teman dan tes hubungkan dengan sinyal dan bandingkan penagkapan sinyalnya dengan receiver anda, mana yang lebih besar menangkap signal.
  • LNB

Fungsi  utam LNB adalah untuk menangkap sinyal  satelit yang di kumpulkan  pada fokus titik para bola, kerusakn pada lNB ini juga jarang terjadi,kebanyak kerusakn yang terjadi pada LNB adalah lemahnya dalam menagkap signal satelit, kerusakn pada LNB yang berat tidak mampu untuk menagkap satelit dari parabola. dan tertera dalam info chanel LNB Off.

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang budiman Admin tidak selalu Online jadi dalam berkomentar di mohon gunakanlah kata-kata yang baik dan tidak SPAM , dalam berkomentar juga di mohon untuk menyesuaikan dengan isi postingan yang di baca terimakasih atas partisipasinya.