Home » » 5 cara untuk mengatasi masalah kurangnya memori internal pada ponsel android

5 cara untuk mengatasi masalah kurangnya memori internal pada ponsel android

Banyak pengguna telepon seluler Android selalu berkeluh kesah tentang  masalah kurangnya memori, atau telepon kurang responsif, terutama saat Anda menginstal terlalu banyak aplikasi. apalagi pada pengguna android yang menggunakan spesifikasi rendah contoh baru menggunakan ram 512 Mb sehingga sering sekali mengeluh kehabisan memori internal untuk mengisi aplikasi, bukan itu saja tentunya jika ponsel android kita sudah penuh memori internalnya maka kinerjanya juga bisa menjadi lambat. Ada banyak cara untuk menghemat ruang memori,  jika Anda memiliki masalah yang sama, Anda dapat mencoba metode di bawah ini untuk mengatasi masalah kurangnya memori internal pada ponsel android.

Baca Juga :
Cara Mudah Instal Aplikasi Android menggunakan Memory Card
  • membersihkan cahca yang dihasilkan dari sebuah aplikasi
Karena setiap ponsel memiliki ruang ROM terbatas contoh pada ponsel versi sebelumn Android V2.2 tidak akan membiarkan Anda menginstal aplikasi di SD card, kita harus menghapus cache yang dihasilkan oleh aplikasi untukmengurangi pemakaian ruang memori. caranya untuk melakuakan adalah Pergi ke menu Settings-> Aplikasi-> Kelola aplikasi, Anda dapat menemukan bahwa beberapa aplikasi memiliki cache, cukup tekan Clear Cache ,
  • Pembersihan / data / Dalvik-cache 
Jika Anda kehabisan memori, cobalah pertama untuk menghapus segala sesuatu di / data / Dalvik-cache kemudian reboot segera. Yang diperlukan. File dex akan diciptakan secara otomatis.
  •  menghapus aplikasi lama dan tidak di gunakan
anda juga bisa menghapus aplikasi tambahan yang telah lama, contoh game atau aplikasi yang anda tambahkan, dan sudah anda tidak gunakan maka jangan menyimpannya didalam ponsel karena hal itu akan menghabiskan ruang memory internal, jadi anda tidak bisa menggunakan ruang internal ponsel untuk menginstal apk yang baru

  • Gunakan tembolok aplikasi pembersihan. 
Ada banyak aplikasi pembersihan cache pada situs Android, seperti App Clean Cache, tetapi Anda perlu membayar untuk itu. Jika ponsel anda telah diroot, Anda juga dapat mencoba Cache Cleaner, CacheMate, dan Move Cache untuk membersihkan cache dengan mudah. jika ponsel anda belum di root anda bisa menggunakan aplikasi pemersih seperti clean cleaner untuk membersihkan data cahca yang sudah tidak di gunakan dan untuk mengontrol kinerja pada ponsel android anda.

  • Pindahkan aplikasi ke kartu SD 
cara yang kelima adalah dengan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD, tetapi biasanya untuk melakukan ini ponsel android anda harus di root terlebih dahulu, setelah itu baru anda bisa menggunakan ponsel anda untuk memindahkan aplikasi ke SD Card.
  • Mengembalikan ke pengaturan pabrik
perlu di ingat pengaturan pabrik adalah sebagai langkah terakhir untuk mengatasi masalah kurangnya memori internal pada ponsel android karena pada sistem pengaturan ini semua apk tambahan yang telah anda tambahkan akan otomatis menghilang. jadi untuk menggunakan langkah ini anda berpikir terlebih dahulu ya. 
 
Di atas adalah 6 cara yang terbaik untuk membantu Anda mengatasi masalah kurangnya memori internal pada ponsel android semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca dan menambah pengetahuan untuk kita semua.

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang budiman Admin tidak selalu Online jadi dalam berkomentar di mohon gunakanlah kata-kata yang baik dan tidak SPAM , dalam berkomentar juga di mohon untuk menyesuaikan dengan isi postingan yang di baca terimakasih atas partisipasinya.