Home » » cara memperbaiki chanel signal ninmedia yan hilang / lemah

cara memperbaiki chanel signal ninmedia yan hilang / lemah

oke guys pada kesempatan kali ini admin masih membahas seputaran otak atik parabola yang berjudul cara memperbaiki canel signal ninmedia yan hilang / lemah dan pada kesempatan sebelumnya admin juga telah membahas seputaran masalah parabola dengan judul cara scan otomatis chanel siaran parabola di receiver matrix Mpeg -4 jangan lupa dibaca ya guys.

sebelum kita membahas lebih jauh sebenernya apasih Ninmedia?.ninmedia adalah salah satu stasiun satelite yang menyiarkan siaran televsi secara gratis dengan frekuensi KU band, berbeda dengan parabola, kalau parabola menggunakan sistem penyiaran dengan frekuesi C Band.

dalam kinerja ninmedia hampir sama dengan parabola, tetapi lebih simpel dari pada parabola karena ninmedia menggunakan parabola dengan ukuran yang kecil, dan hanya cukup 1 LNB KU band, maka siaran Palapa dan telkom dapat terkunci semua. jadi parabola KU band ini sangat direkomendasikan bagi anda yang tinggal didaerah perkotaan karena lahan didaerah perkotaan sudah sempit, jadi jika menggunakan parabola C Band, kurang cocok karena disk parabola sangat membutuhkan Lahan tempat yang sedikit luas.

tetapi pengguna Parabola C Band jangan berkecil hati dulu, karena setipa produk memiliki kelamahan dan kelebihan masing-masing, jika anda pengguna parabola Cband dengan disk parabola 6/7 feed, dalam penempatan kan butuh lahan yang luas, keuntunganya bagi anda pengguna Cband, jika cuaca buruk atau hujan lebat maka anda dapat menonton siaran parabola dengan lancar tidak tersendat-sendat baik gambar dan suaranya.

kalau pengguna parabola KU band jika terjadi cuaca hujan lebat maka gambar dan suara bisa terendat/macet-macet. itu sudah menjadi salah satu ciri khas pengguna Parabola Kuband. dan ketika hujan redah maka kualitas signalpun akan kembali normal seerti biasa.

Ninmedia bisa ditangkap dengan receiver atau dekoder satelit merk apa saja yang sudah support audio AAC dan MPEG4, akan tetapi beberapa signal kurang maksimal contoh keluan yang sering terjadi gambar dengan suara tidak cocok/ terlambat, gambar macet-macet atau sebaliknya suara yang macet-macet, yah tau sendirikan karena mungkin persaingan bisnis dan lain hal sebagainya. jadi saya sarankan jika anda ingin menonton siaran ninmedia dengan lancar bisa menggunakan receiver yang suport dan direcomendasikan untuk ninmedia seperti : 
  1. Gardiner G-88 HD Oracle
  2. Optus OP-88 HD Oracle
    LGSAT LG-101 Oracle
  3. Diamond World AK-369
  4. Orion Sky
  5. Venus Yaris
  6. Intra INT-Jupiter
daftar diatas merupakan semua receiver yang direkomendasi untuk dipakai tracking menangkap siaran Ninmedia di Chinasat 11 Ku-band. dan untuk pemasangan sampai tracking ninmedia di cinasat sebelas sebenernya sangatlah mudah. tinggal pasang LNB  KU band  ke disk parabolanya, kemudian hadapkan parabola kebarat hubungkan kabel parabola dengan decoder setting frekuensi program satelitnya scaning selesai deh, tetapi semua itu gak semudah yang di tuliskan wkwkw, karena mungkin ada kesalahan pemasangan sehigga menyebabkan signal disiaran parabola tidak keluar atau lemah. oke kita akan bahas satu persatu agar mudah dipahami pertama dari mulai pemasangan Ninmedia di LNB Ku Band.

Baca Juga : Cara pasang LNB Parabola C Band, Ku Band, S Band yang baik dan benar

Cara Pasang Dan Tracking Siaran Ninmedia Di LNB Kuband Chinasat 11
  1. pastikan dalam memasang disk parabola tidak terhalang dinding rumah atau bangunan
    .
  2. pastikan tiang disk parabola terpasang dengan kokoh dan tegak lurus 0 derajat, dan tidak mudah goyang walau ditiup angin.
    .
  3. pasang LNB pada posisi briket kedudukannya jangan terlalu terai, guna untuk menaikan signal tersebut disaat nanti ki tracking, jadi pasang LNB kuband pada bricket sedikit longgar agar kita bisa turun dan naikkan posisi LNB tersebut nantinya, sampai sesui signal yang kita inginkan.

  4. sambungkan kabel decoder ke LNB, dan hadaptkan posisi disk parabola kebagian bagian barat.

  5. setelah terhubung semua kemudian ambil  decoder/receiver anda, masukan frequensi ninmedia caranya tekan menu pada remote,masuk kemenu instalasi /pengaturan satelite. kemudian perhatikan pada gambar berikut :


  6. centang pada shanel chinasat 11, atau anda bisa bikin sendiri kemudian masukan transpordenya caranya tekan tulisan GOTO /Transponder/Sat, pada remot control (biasanya disetiap receiver berbeda setingan untuk masuk menu transporder tetapi biasa diantara ketiga tombol yang telah dijelaskan) maka akan muncul seperti gambar dibawah
    .

    nah jika sudah muncul gambar seperti diatas maka buatlah 2 Transponrder, dengan cara tombol warna merah pada remot, dan buatlah TP pertama 12500 V 43199 dan TP yang kedua 12560 V 43200 kemudian klik save. jika posisi parabola sudah tepat maka akan muncul signal quality warna hijau dan presentasenya. jika belum maka lakukan tracking supaya mendapatkan posisi yang tepat untuk ninmedia
    .
  7. untuk proses trackingnya biasa seperti parabola besar, longgarkan baut disk parabola sambil kita lihat kualitas signal sambil kita gerakan parabola keatas /kebawah/keselatan/keutara secara perlahan niscaya signal pasti akan terlock, setelah selesai mendapatkan dengan kualitas signal tinggi jangan lupa kencangkan kembali, baut parabolanya. kemudian langkah yang terakhir setelah signal terlock lakukan scanning.
    .
  8. scanning dengan cara tekan tombol biru pada remot control dan setting blind scaning jika ingin scaning full siaran

    kemudian tekan tombol biru lagi pada remote control untuk melanjutkan proses scanning tunggu proses scanning sampai 100%. dan siaran ninmedia siap untuk dinikmati.
ulasan diatas adalah tentang cara proses pemasangan dan tracking siaran  ninmedia di chinasat 11, jika diaplikasikan dengan benar pasti akan berhasil, dan untuk sekedar info kalau ditempat admin sendiri untuk normalnya gambar dan suara tidak macet jika mendapat kualitas signal minimal 60 %, maka signal dan suara dari siaran ninmedia tidak tersendat/macet-macet. terkadang juga karena mungkin faktor -faktor lain sehingga signal ninmedia bisa hilang atau lemah gimana untuk mengatasi masalah tersebut bisa di praktekan cara dibawah ini

Baca Juga : cara memperbaiki siaran MNCTV, GLOBAL TV, RCTI Gelap /hilang setiap malam
.
Cara memperbaiki chanel signal ninmedia yan hilang / lemah 

karna admin tidak bisa melihat secara langsung di lokasi tempat anda jadi disini admin akan membahas faktor faktor yangbisa menyebabkan kualitas signal menurun bahkan hilang dan cara menyelesaikannya
  1. kita asumsi yang ringan mungkin disk parabola tertiup angin dan bergeser posisi karena pemasangan yang telah lama dan kurang kencang dalam mengunci baut parabola, solusinya bisa anda tracking ulang dan mendudukan posisi parabola yang benar dan tepat.
    .
  2. tiang disk parabola, kordinatnya kurang lurus dan mudah goyang sehingga membuat posisi disk parabola mudah berubah-ubah solusinya coba perbaiki kedudukan tiang parabola dan kencangkan, bautnya agar posisi disk tidak mudah tertiup angin. karena pengalaman admin ketika mengotak atik disk parabola kuband bekas yang lumayan tua dan banyak penyotnya, dipasang sementara  pakek tiang kayu yang tidak diperhatikan kelurusan tiang, sinyal selalu minim maksimal cuma 55 %, kemudian diganti dengan tiang besi dan dicor serta pemasangan tiang diperhatikan titik kordinat lurusnya signalpun bisa mencapai 78 %. berarti dapat disimpulkan bahwa kordinat lurus dan kekokohan dalam pemasangan tiang juga sangat dibutuhkan untuk mencapai signal yang maksimal.
    .
  3. Perhatika pemasangan LNB Ku Band, pasang LNB pada posisi briket kedudukannya jangan terlalu terai, guna untuk menaikan signal tersebut disaat nanti kita tracking, jadi pasang LNB kuband pada bricket sedikit longgar agar kita bisa turun dan naikkan posisi LNB tersebut nantinya, sampai sesui signal yang kita inginkan
    .
  4. mungkin ada penghalang yang menghalangi disk parabola di tempat anda, misalnya terhalang rumah atau gedung  juga bisa mempengaruhi kualitas signal, solusinya pindahkan disk parabola agar tidak terhalang gedung dan ebagainya yang bisa menyebabkan turunya kualitas signal.
    .
  5. Ada perubahan /penambahan transporder dari pihak pusat sehingga menyebabkan siaran hilang, dan lain sebagainya, untuk itu carilah informasi mengenai hal tersebut, dari sumber yang terpercaya, jika ada perubahan dari pusat maka kita harus mengikutinya.
    .
  6. faktor pendukung, komponen seperti Disk Parabola, telah banyak karat dan tidak simetris lingkaranya, LNB kabel dan receiver, juga merupakan alat pendukung yang mempengaruhi kualitas signal, solusinya carilah alat2  komponen yang berkualitas sehingga biarmahal sedikit tapi mempunyai kualitas yang baik dalam penakapan signal parabola. dan memang jika pemakean telah lama wajar kaau daya tannka signal menurun, jadi bisa ganti dengan komponen baru yang memiliki kualitas dan dari sumber yang direkomendasikan dari pihak penyiar.
    .
  7. jika intensitas 0%, maka bisa dipastikan ada komponen LNB/Kabel dan receiver yang rusak dikarenakan tidak terhubung sma sekali atau ada pemasangan yang tidak tepat, misalnya chamber penghubung receiver dan lnb belum dalam posisi yang pas/tepat, juga bisa menyebabkan intensitas signal 0%. solusinya periksalah kembali komponen pendukung sehingga kedudukan pemasangan bisa tepat dalam posisinya. dan gantilah jika ada komponen pendukung yang rusak.
mungkin sampai disini dulu ulasan mengenai  cara memperbaiki chanel signal ninmedia yan hilang / lemah semoga dapat bermanfaat bagi pengunjung blog ini.

0 komentar:

Post a Comment

Pengunjung yang budiman Admin tidak selalu Online jadi dalam berkomentar di mohon gunakanlah kata-kata yang baik dan tidak SPAM , dalam berkomentar juga di mohon untuk menyesuaikan dengan isi postingan yang di baca terimakasih atas partisipasinya.